Tips Menaklukan Tes IELTS dengan Mudah

Tes IELTS
Tes IELTS

Tips Menaklukan Tes IELTS dengan Mudah


Tips Menaklukan Tes IELTS - Hallo guys. Bagaimana keadaan kalian? Semoga baik-baik saja ya. Untuk kesempatan kali ini yoa ingin berbagi tips and tricks untuk menaklukkan tes IELTS.

IELTS atau International English Language Testing System adalah suatu tes kemampuan berbahasa inggris untuk orang-orang yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri khususnya ke negara yang mewajibkan bisa dan faham bahasa inggris. Tes IELTS terbagi menjadi dua yaitu ada IELTS for Academic dikhusiskan bagi yang ingin menempuh pendidikan dan IELTS for General yang diperuntukkan bagi yang ingin bekerja.




Tes IELTS sendiri terdiri dari 4 sub tests yaitu reading skill, listening skill, writing skill dan speaking skill. setiap sub test memiliki alokasi waktu yang berbeda, untuk tes reading, listening, dan writting memakan waktu selama 2 jam 45 menit dan untuk speaking sekitar 15 menit. untuk tes reading, listening, dan writting dilakukan di hari yang sama akan tetapi untuk tes speaking dilakukan dihari berikutnya.

Dalam tes IELTS khususnya dalam listening, kalian akan menemukan aksen yang berbeda-beda. Jadi jangan kaget kalau ada yang bicaranya cepat atau mungkin cukup pelan. Setiap modul tes memiliki sub bagian tes, misalnya dalam tes listening ada beberapa sub tes yang membedakan tingkat kesulitan tes. bagi yang ingin daftar tes IELTS bisa daftar di instansi-instansi yang sudah dipercaya untuk mengadakan tes IELTS atau bisa kunjungi www.ielts.org.

langsung saja guys, berikut tips and trick yang yoa lakukan ketika mempersiapkan untuk tes IELTS dan lumayan mendapat hasil 8 untuk nilai keseluruhan. tapi guys, untuk sebagian universitas di luar negeri ada yang mengharuskan setiap bagian tes tidak boleh kurang dari nilai tertentu, misal tidak boleh kurang dari nilai 7. dari pada panjang lebar, berikut tips and trick nya.

Tips Menaklukan Tes IELTS

1. Rencanakan jadwal untuk belajar.

Jadwal ini harus konsisten, disiplin dan efektif. Kalian harus mengalokasikan waktu dalam menentukan jadwal. Perhatikan jadwal yang sudah ada. Yoa sendiri menyediakan waktu untuk belajar, selama dua bulan. Tapi ini tergantung kalian sendiri guys, tergantung enaknya kalian ya. kalau yoa begini jadwalnya
Tips Menaklukan Tes IELTS

2. Kumpulkan buku dan materi yang akan dipelajari

Tips Menaklukan Tes IELTS
Jadi harus beli buku ya yoa? Untuk yang ingin dan memiliki dana, yoa sarankan untuk membelinya. Tapi untuk yang ingin gratisan seperti yoa bisa download, kemarin yoa doawnload disini ieltsmaterial.com. download yang cmbridge guys, karena yoa pakai yang itu trus di print guys. Niat banget kan? hehe. memang habis beberapa rim kertas. tapi sebanding dengan hasil yang diterima. hehe

3. Kegiatan yang dilakukan selama belajar

dalam belajar pastinya setiap orang berbeda-beda melakukannya. Yoa melakukannya seperti berikut.

 a. Untuk tes Listening

Tips Menaklukan Tes IELTS
Yoa sering mendengarkan Podcast, guardian atau audio listening guys. audio yang ada di playstore, karena gratis dan terdapat aksen yang berbeda-beda. Nah untuk hari minggu malam, karena suka nonton, yoa menonton film movie yang berbahasa inggris tanpa subtittle atau subtittlenya di telatkan. hehe. Owh iya guys dalam belajar harus fokus ya, mungkin sebagian dari kita ada yang belajar yang harus sambil mendengarkan musik, tapi untuk belajar listening fokus ya, mendengarkan musicnya sambil belajar, okay

b. Untuk tes Writting

Yoa sering melihat jawaban-jawaban IELTS yang nilai writtingnya tinggi. Karena semakin terbiasa menulis dengan yang nilainya tinggi, nanti juga kita akan mendapat nilai tinggi. hehe ingat grammar ya. kalau masa lampau berarti past atau perfect, yang sedang dilakukan gunakan continuous, dan yang biasa dilakukan pakailah present ya guys. Buku yang digunakan yoa adalah buku biru azard guys. Bukunya bagus dan mudah dimengerti. Serius ini, mudah dimengerti.

c. Untuk tes Reading

Cobalah setiap hari baca satu artikel, trus tandai kata yang tidak dimengerti dan lihat hasilnya dalam kamus online. Kenapa online? karena terkadang kata tersebut merupakan idiom atau peribahasa.



d. Untuk tes speaking.

Tips Menaklukan Tes IELTS

Yoa sendiri sering buka youtube guys. Coba cari di youtube dengan keyword (Speaking IELTS 7,8,9 Band Score). Tiru lah yang band score nya tinggi guys. Tapi jangan ketiduran ya heheh. Awalnya sich ngantuk dan sedih karena g ngerti karena  punya pikiran "ini orang ngomong apa". Tapi lama kelamaan ngerti juga apa yang diomongkan hehe.

4. Harus Liburan atau Refreshing

Tips Menaklukan Tes IELTS
Nah ini penting banget guys. di hari minggu malam cobalah refreshing misalnya nonton atau pergi kemana jalan-jalan sebentar. Ini bisa membuat pikiran fresh loch. Yoa rasakan sendiri guys.

Nah itulah tips and trick nya. Mungkin ada pertanyaan, yoa belajar ototdidak (sendiri) atau kursus? Jawabannya adalah SENDIRI. Kenapa? Karena jika belajar sendiri, yoa bisa belajar kapanpun dan gratis. Alasan utamanya sich UANG guys. hehe. Yang punya biaya untuk kursus ya bisa sich, itu tergantung kalian sendiri guys. Tapi yoa berpikiran bahwa sekarang jamannya internet. Semua sudah tersedia dan kenbanyakan gratis. Untuk buku sendiri pun yoa print sendiri (Kalau ada uang utnuk beli bukunya sich pengen beli. hehe).

Semangat ya guys..

Kalau artikel ini bermanfaat, share ya guys. Makasih
Baca juga artikel lainnya disini atau disini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Menaklukan Tes IELTS dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel