Latihan Soal Matematika Keuangan (Bagian 2)

Latihan Soal Matematika Keuangan (Bagian 2)


Latihan Soal Matematika Keuangan (Bagian 2)


Berikut adalah beberapa latihan soal matematika keuangan.
  1. Misalkan sebuah bank memberikan force of interest sebesar berikut: \[\delta = \left\{ \begin{matrix} 0.05, \hspace{1cm}untuk \hspace{0.2cm}t< 2\\ 0.04, \hspace{1cm}untuk \hspace{0.2cm}2\leq t< 5\\ 0.03, \hspace{1cm}untuk \hspace{0.2cm}t\geq 5\\ \end{matrix} \right.\]
    1. Tentukan formula untuk $v$ menggunakan force of interest
    2. Pak Fahmi menabung sebesar $\$$500 pada tahun ketiga, sebesar $\$$400 pada tahun kelima, dan sebesar $\$$800 pada tahun kedelapan. Hitunglah akumulasi dari tabungan Pak Fahmi setelah sepuluh tahun, menggunakan formula $v$ yang diperoleh pada (a).

  2. Pak budi ditawarkan 2 alternatif proyek sebagai berikut:
    1. Proyek A memberikan pembayaran tahunan sebesar $\$$1000 per tahun selama 10 tahun. Suku bunga yang ditawarkan pada proyek ini adalah sebesar 10% per tahun untuk 5 tahun pertama, dan sebesar 5% per tahun untuk 5 tahun berikutnya.
    2. Proyek B memberikan suku bunga tetap selama 10 tahun sebesar 10% per tahun. Untuk proyek ini, pembayaran yang diberikan adalah sebesar $\$$1000 untuk 5 tahun pertama, namun berkurang sebesar $\$$100 per tahun mulai tahun keenam hingga tahun kesepuluh.
    Bantulah pak budi menentukan proyek mana yang lebih baik untuk dipilih berdasarkan nilai kini dari kedua proyek tersebut.



  3. Sebagai pengembalian atas investasi sebesar $\$$1000, sebuah proyek usaha menawarkan alternatif keuntungan sebagai berikut:
    (1) pembayaran lump sum sebesar $\$$1330 setelah 3 tahun;
    (2) pembayaran lump sum sebesar $\$$1550 setelah 5 tahun; atau
    (3) empat pembayaran tahunan masing-masing sebesar $\$$425, dengan pembayaran pertama dilakukan setelah 5 tahun. Setiap investor harus memilih alternatif keuntungan mana yang mereka kehendaki ketika melakukan investasi awal.
    1. Tentukan Persamaan Nilai untuk setiap transaksi dan hitung yield tahunannya.
    2. Misalkan investor memilih alternatif (1) dan setelah 3 tahun dia mendepositokan hasilnya selama 2 tahun dengan tingkat bunga tetap. Berapakah besarnya tingkat bunga tersebut agar dia menerima sebesar $\$$1550 di akhir masa investasinya?
    3. Misalkan seorang investor memilih alternatif (2) dan setelah 5 tahun dia menggunakan hasil investasinya untuk membeli anuitas-due yang dibayarkan selama 4 tahun, dengan besarnya pembayaran tahunan dihitung menggunakan tingkat bunga tetap Berapakah besarnya tingkat bunga tersebut agar pembayaran tahunannya sebesar $\$$425?

  4. Misalkan seorang investor harus memilih rencana tabungan sebagai berikut:
    1. Membayar sebesar $\$$100 per tahun yang dibayarkan di awal tahun selama 10 tahun dan akan menerima sebesar $\$$1700 setelah 10 tahun; atau
    2. Lima belas kali pembayaran tahunan, masing-masing sebesar $\$$100 dan dibayarkan di awal tahun, yang akan memberikan hasil sebesar $\$$3200 setelah 15 tahun.
    Investor tersebut harus menentukan pilihan investasinya ketika membayar premi pertama.
    1. Hitunglah yield untuk setiap pilihan investasi.
    2. Misalkan investor tersebut memilih alternatif (a). Misalkan pula setelah 10 tahun, investor tersebut mendepositokan hasilnya pada deposito yang memberikan tingkat bunga tetap. Selain itu, investor tersebut juga menabung setiap tahun sebesar $\$$100 per tahun selama 5 tahun, dengan tabungan pertama dilakukan ketika investasi pertama berakhir. Berapakah tingkat bunga yang membuat nilai investasi investor tersebut menjadi sebesar $\$$3200 setelah 15 tahun?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Latihan Soal Matematika Keuangan (Bagian 2)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel